Pengantar manajemen
Posted in tentang ekonomi
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Definisi Manajemen
Mendefinisikan manajemen
ada berbagai ragam, ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan, manajemen
pengurusan dan lain sebagainya.
Pengertian manajemen dapat
dilihat dari tiga pengertian :
1.
Manajemen
sebagai suatu proses
Pengertian manajemen
sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
·
Encylopedia
of the social science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan
tertentu dilaksanakan dan diawasi
·
Haiman,
manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain,
mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan
·
Georgy
R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu
dengan melalui kegiatan orang lain
2.
Manajemen
sebagai suatu kolektivitas manusia
Manajemen
sebagai kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang
bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama.
Kolektivitas
atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang
yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya
aktivitas manajemen disebut manajer.
3.
Manajemen
sebagai suatu ilmu dan seni
Manajemen
sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan
dengan prinsip-prinsip dari manajemen.
Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu
dan seni dari :
2
·
Chaster
I Bernard dalam bukunya yang berjudul The Funcation of The Executive, bahwa
manajemen yaitu seni dan ilmu, juga Henry Fayol, Alfin Brown Harold, Koontz
Cyril O’donnel dan George R. Terry.
·
Marry
Parker Follet menyatakan bahwa manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan
pekerjaan melalui orang lain.
B.
Tingkatan Manajemen dan
Manajer
Manajemen digunakan dalam
segala bentuk kegiatan baik kegiatan profesi maupun non profesi, baik
organisasi pemerintah maupun swasta, maka manajer dapat diklasifikasi dalam dua
cara yaitu tingkatan dalam organisasi dan lingkup kegiatan yang dilakukan.
Bila dilihat dari tingkatan
dalam organisasi, manajemen dibagi menjadi tiga golongan yang berbeda yaitu :
1.
Manajemen
Lini : atau manajemen tingkat pertama yaitu tingkatan yang paling rendah dalam
suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang
lain, misalnya mandor atau pengawas produksi dalam suatu pabrik pengawas teknik
suatu bagian riset dan lain sebagainya.
2.
Manajemen
menengah (Midle Manager) yaitu mencakup lebih dari satu tingkatan didalam
organisasi.
3.
Manajemen
Puncak (Top Manager) terdiri atas kelompok yang relatif kecil, yang bertanggung
jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi.
Manajer Fungsional bertanggung jawab pada satu kegiatan
organisasi, seperti produksi pemasaran, keuangan dan lain sebagainya, manajer
umum membawahi cabang atau bagian operasional yang independen yang bertanggung
jawab atas semua kegiatan unit.
Ada dua fungsi utama atau keahlian (skill) dan keahlian
manajerial (managerial skill). Keahlian teknik yaitu keahlian tentang bagaimana
cara mengerjakan dan menghasilkan sesuatu yang terdiri atas pengarahan dengan
motivasi, supervise, dan komunikasi.
3
Keahlian manajerial yaitu keahlian yang berkenaan tentang
hal penetapan tujuan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia dan
pengawasan.
C.
Fungsi-Fungsi Manajemen
a.
Fungsi
Perencanaan (Planning)
Proses
yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecendrungan dimasa
yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan
target dan tujuan organisasi.
Kegiatan dalam fungsi perencanaan :
·
Menetapkan
tujuan dan target bisnis
·
Merumuskan
strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
·
Menentukan
sumber-sumber daya yang diperlukan
·
Menetapkan
standar atau indicator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
b.
Fungsi
Pengorganisasian (Organizing)
Proses
yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam
perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasian yang tepat dan tangguh,
system dan lingkungan organisasi yang kondusif dan dapat memastikan bahwa semua
pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efesien guna mencapai
tujuan organisasi.
Kegiatan dalam fungsi pengorganisasian :
·
Mengalokasikan
sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang
diperlukan
·
Menetapkan
struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
·
Kegiatan
perekrutan, penyeleksian, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia atau
tenaga kerja
·
Kegiatan
penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat.
4
c.
Fungsi
Pengarahan dan implementasi
Proses
Implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi
serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung
jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalam fungsi pengarahan dan
implementasi :
·
Mengimplementasikan
proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja
agar dapat bekerja secara efektif dan efesien dalam pencapaian tujuan.
·
Memberikan
tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
·
Menjelaskan
kebijakan yang telah ditetapkan.
d.
Fungsi
Pengawasan dan Pengendalian
Proses
yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah
direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai
dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan
dunia bisnis yang dihadapi.
Kegiatan dalam fungsi pengawasan dan
pengendalian :
·
Mengevaluasi
keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indicator
yang telah ditetapkan.
·
Mengambil
langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
·
Melakukan
berbagai alternative solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan
pencapaian tujuan dan target bisnis.
5
BAB
III
PENUTUP
1.
KESIMPULAN
Pengertian manajemen dapat dilihat
dari tiga pengertian yaitu manajemen sebagai suatu proses, manajemen sebagai
suatu kolektivitas manusia, dan manajemen sebagai ilmu dan seni.
Bila dilihat dari tingkatan
dalam organisasi, manajemen dibagi menjadi tiga golongan yang berbeda yaitu manajemen
lini atau manajemen tingkat pertama yaitu tingkatan yang paling rendah dalam
suatu organisasi dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang
lain, kedua manajemen menengah (middle manager) yaitu mencakup lebih dari satu
tingkatan di dalam organisasi, yang ketiga manajemen puncak (top manager)
terdiri atas kelompok yang relative kecil, yang bertanggung jawab atas
manajemen keseluruhan.
Fungsi manajemen dibagi
menjadi empat yaitu fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi
pengarahan dan implementasi,dan fungsi pengawasan dan pengendalian.
0 komentar: