Search engine Optimization
Posted in materi IT For BisnisPengertian Optimization Search Engine
Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian
proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari
menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau
algoritma mesin pencari tersebut. Aplikasi yang disediakan oleh lembaga komersial
tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet. Saat kita ingin
mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine.Search
Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah
Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di
dunia. Di bawah ini beberapa macam searh engine yang sering digunakan
oleh pemakai.
Tujuan dari SEO adalah menempatkan
sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama
hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara
logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian
memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
SEJARAH
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization
pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam
yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum
terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma
pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh
webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag
menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman
web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster
melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai
dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah
menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil
pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin
pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang
relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua
mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha
mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin
pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk
memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank,
merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara
perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan
analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan
prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web
yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link
oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila
halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi.
Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ
dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus
situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada
tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat
lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan
kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan
hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan
relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain
maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai
PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil
pencarian.
TOKOH-TOKOH SEO TERKEMUKA
1. Danny Sullivan
Mantan wartawan LA
Times yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang aktif menyoroti
perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia aktif menulis
dan membuat reportase di Search Engine Land.
2. Matt Cutts
Programmer
dan mantan pegawai NSA (National Security Agency) Amerika Serikat yang
bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim
penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts
adalah seorang blogger terkemuka. Artikel-artikel di blognya menjadi
rujukan para praktisi SEO dari seluruh dunia, karena blognya sering
menjadi sumber pertama setiap informasi mengenai perkembangan teknologi
pencarian Google. Matt Cutts sering dianggap sebagai juru bicara tidak
resmi Google.
3. Vannesa Fox
Mantan karyawati Google. Vannesa
dikenal di kalangan webmaster sebagai konseptor dan programmer yang
mengepalai proyek Google Webmaster Central..
1. GOOGLE
Tidak asing bagi pengguna internet dengan Search Engine yang satu ini.
selain sering di gunakan untuk HomePage. Google juga sudah menarik hati
para pengguna komputer.
Pengembang : Google Inc
Kelebihan yang di miliki :
1. Lebih Cepat dan mudah dalam mencari data
2. Canggih dan memiliki fitur yang baik
3. Memiliki tampilan yang simple dan menarik
4. Memilki pilihan data yang akan di cari (video, books, image. dst)
5. Google adalah serach engine yang memiliki cache yang di gunakan untuk menghemat waktu dalam pencarian.
2. YAHOO!
Yahoo!. Tidak asing di telinga para pengguna internet di seluruh
manacanega. Fitur-fitur yang menarik dan asyik telah memikat pengunjung
internet. Fitur pembuatan e-mail dari Yahoo, paling baynyak di gunakan
dan menjadi fitur kebanggaan Yahoo!.com.
Pengembang : Yahoo! Inc
kelebihan yang dimiliki :
1. memiliki tampilan utama yang menarik
2. Yahoo search selalu menampilkan kata-kata yang mirip dengan kata-kata kunci yang sedang dicari
3. Yahoo! search juga memeilki kecepatan dalam mencari data
4. yahoo! memeilki katalog web, yang dapat memepermudah mencari web yang telah di kunjungi
5. Kita dapat log in (jika sudah memeilki aku nya) dan mendapatkan data yang lebih jelas
3. BING
Telah
banyak yang menegnal search Engine ini. BING merupakan revolusi dari
search engine milik Microsoft yang lama yakni Kumo. Dengan ada nya BING
yang juga sebagai pengganti Live Searchniscaya dapat membuat Microsoft
meningkatkan urusan share bisnis nya.
Pengembangnya : Microsoft
Kelebihannya :
1. Mempunyai fasilitas instant answer. Yang memempukan BING untuk menampung smua jawaban
2. Dapat menampilkan cashback pada penelusuran online shop
3. Lebih lengkap dan luas dalam menemukan data-data terutama maslah image atau video nya
4. BING selalu menampilkan hasil pencarian yang ter-update
5. Menampilkan pop up di text pada hasil pencarian yang disentuh oleh mouse pengguna
4. ASK.Com
Ask.Com
merupakan Search Engine yang tidak beda jauh dengan Google. Markas
besar ask.com terletak di Oakland, California, USA dan di bawah
kekuasaan Inter Active Corp.
Pengembangnya : Garret Gruener dan David Warthen (California)
Kelebihannya :
1. Background dari Ask.Com dapat di ubah sesuka hati
2. Ask.com akan mencari jawaban yang tepat atas kata kunci yang di cari oleh pengguna
3. Canggih dan dapat menyediakan jawaban lebih luas serta lengkap
4. Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
5. Lycos
Lycos..
mungkin agak asing di telinga search engine yang satu ini. Akan tepapi
Lycos juga tak kalah jauh dari search Engine yang lain nya.
Pengembangnya : Bob Davis (Lycos.Inc)
Kelebihannya :
1. Dapat mencari data dengan cepat
2.
Lycos memilki keunggulan fitur bagi para remaja yakni “Fun Search” yang
berisi tentang gosip, lagu yang ter-upToDate dari selebitis-selebritis
ternama
3. lycos selalu menampilkan 50 pencarian terbaik/terbesar dalam halaman nya
4. Lycos juga akan menampilkan pencarian terbaiknya dalam pencarian MP & video nya
Kelemahannya
1. Google
Dengan
kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan
para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka
memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk
memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun
terasa tergangggu.
2. Yahoo
loadingnya membutuhkan waktu yang lama
. Walaupun orang orang menganggap kalau Yahoo ini search engine yang
kurang , ternyata search engine ini kelemahanya sedikit
3. Bing
1. Fiturnya kurang lengkap
2. Hasil pencarian yang kurang luas
3. Yang masih berstatus beta kemungkinan besar masih memiliki bug di dalamnya
4. ASK.Com
a. -Databasenya kecil
b. -Fitur kurang lengkap
c. -Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
d. -Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
e. -Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
5. Lycos
1.
Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian
site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman
depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih
mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban
dalam pencarian data.
0 komentar: